Selasa, 10 Mei 2011

Defini oikomene

Definisi oikoumene
1.       Oikoumene ialah ilmu yang menyangkut oikumene. Oikemenika membahas usaha-usaha orang-orang Kristen dan gereja-gereja yang berbeda-beda untuk menjadi satu atau Esa. Dengan sengaja dikatakan bahwa ada perbedaan antara orang-orang Kristen dan gereja-gereja yang terlibat dalam oikumene, sebab kalau tidak ada perbedaan, mereka tidak dapat menjadi satu atau Esa. Yang pertama ialah dari segi historis, yakni melihat bagaimana usaha-usaha mewujudkan keesaan ini dalam sejarah gereja.

2.       Pengertian yang lainnya, oikoumene ialah kata dari bahasa yunani, yaitu participium prasentis passivum femininum dari kata kerja oikeo, yang berarti tinggal, berdiam, atau juga mendiami. Tapi participium telah mengolah arti khusus sebagai kata benda. Arti pertama ialah geografis : dunia yang didiami ( lk. 4:5, Roma 10 : 18, ibr 1:6 dan lain-lain). Dari sana kata ini juga dapat berarti: seluruh umat manusia ( Kis 17 : 31, 19 :27, Why 21 :9) kemudian mendapat arti politik : Kaisar Romawi ( kis 24 :5) dan semua penduduknya ( kis 17 :6).

3.       Dari bidang politik, istilah oikumene mulai dipakai oleh gereja. Oikumene dan oikumenis mulai dipakai oleh gereja. Oikumene, serluruh dunia yang didiami dan dikuasai ole kekasiaran Romawi, menjadi tempat gereja menjalani misinya.  Wilayah kerja geja ialah oikumene. Gereja oikumene memiliki arti yang sama dengan gereja universal, sebab orang-orang Kristen Yuanai dan Romawi hamper tidak menyadari d8iluar batas-batas kekasiaran romawi juga tinggal orang yang dapat menjadi sasaran Injil. Juga untuk mereka dunia yang didiami adalah dunia yang diliputi oleh kebudayaan Yunani-Romawi.

4.       Pada saat gereja diakui Negara dan mulai diadakan konsili-konsili seluruh gereja untuk menyelesaikan persoalan-persoalan seperti trinitas dan kristologi, kata oikumenis menambah makna. Suatu konsili oikumenis tidak hanya dianggap mewakili seluruh gereja ( dibedakan dari sinode, propinsi, umpamanya) dan mulai berarti berwibawa secara universal pada abad ke-16 dan dipakai sebagai untuk pengakuan iman-iman rasululi, nicea-constantinopel dan Anthanasius.
Jadi didalam pengertian modern, kata oikumenis tidak lagi menunjukkan pada suatu tujuan yang hendak dicapai melalui suatu tujuan yang hendak dicapai melalui usaha dan pergumulan, yaitu gereja yang satu ( Esa),kudus,am dan rasululi dari credo ( pengakuan Iman ).
Oikemene sebagai sebuah teologi
Berdasarkan keberadaan oikemene saat ini, dapat dikatakan bahwa perananya didalam pekabaran injil diseluruh dunia sangat membantu sebab gereja dapat kaum-kaum miskin dapat bersama serta memiliki suatu hubungan yang erat di dalam Kristen. Dari hal ini dapat dipaparkan bahwa didalam oikemene teologi terbagi menjadi dua (2)bagian yang memiliki hal terpenting didalam kehidupan umat manusia, yakni ialah :
1.       Teologi pembebasan
Suatu teologi yang timbul di Amerika Latin pada akhir tahun60-an abad ini. Akarnya dapat dilihat dalam dalam konsili vatikan II ( 1962-1963)yangenjadi dorongan baru khatolik amerika latin.
2.       Teologi pembangunan ( development theology )
Teoligi ini berasal dari Amerika utara dan reaksi dari teologi ini ialah menolak peranan Dominan yang diberikan kepada teknologi mutaKhir barat dalam perkembangan rakyat amerika latin. Oleh sebab itu  lebih dipergunakan istilah “ teologi pembangunan” yang berbeda dengan Amerika latin. Diindonesia justru mempunyai kontasi positif karena menunjuk kepada usaha bersama semua orang, baik dari pemerintah maupun dari gereja, untuk pembanguna suatu masayarakat yang adil dan makmur.
Jadi di dalam hal ini terlihat adanya suatu peranan segi positifnya keberadaan oikaumene sebab perananya merupakan salah satu dasar adanya hubungan antara Negara dengan gereja, dan hubungan antara gereja dan masyarakat miskin.dan  hal ini sangat membantu didalam kemajuan umat dan jemaatnya.



Oikemene dan perananya didalam alkitaber
Berdasarkan keberadaan oikemene didalam kemajuan gereja maka didalam Alkitab oikemene merupakan suatu bentuk alat yang dirancang oleh manusia dimana perananya sangat membantu didalam pengabaran injil didalam Kristen. Dapat diartikan bahwa oikemene berperan sebagai alat bantu manusia didalam menyampaikan Firman Allah dimana Allah berpesan agar menyampaikan firmanNya pada seluruh dunia dan jagat raya dan hal itulah  yang dikendaki  oleh Allah pada manusia. Dan hal yang tepat bahwa oikemene merupakan alat bantu dalam penyampai pesan Allah dalanm penyebaran firmanNya.
Disini pengertian pertama ialah geografis : dunia yang didiami ( lk. 4:5, Roma 10 : 18, ibr 1:6 dan lain-lain). Dari sana kata ini juga dapat berarti: seluruh umat manusia ( Kis 17 : 31, 19 :27, Why 21 :9) kemudian mendapat arti politik : Kaisar Romawi ( kis 24 :5) dan semua penduduknya ( kis 17 :6).
Maka dari adanya definisi diatas dapat disimpulkan oikumene bias dikaitkan sebagai lata bantu di dapekabaran injil didalam pesan Allah didalam Alkitab


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar