Selasa, 10 Mei 2011

Rencana pembelajaran Pak

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Mata Pelajaran                                                : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                                               : X ( V & VI ) / II
Pertemuan Ke                                                 : 14 Pertemuan
Alokasi Waktu                                                 : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi                                      : Mewujudkan niali-nilai kristiani didalam diri seorang siswa kristen yang berprestasi dan bertanggung jawab bagi dirinya , gereja, dan disekitarnya.
Kompetensi Dasar                                          : Membimbing siswa agar dapat belajar bertanggung jawab dengan nilai – nilai kristen yang ada didalam dirinya dan nilai – nilai kristen tersebut kedalam kehidupan pribandinya dan orang lain disekitarnya.
Indikator                                                            : Menganalisi keberadaan nilai – nilai atau etika – etika yang tertanam didalam diri mereka sebagai seorang remaja kristen yang berprestasi dan bertanggung jawab.

-    Berperan aktif menjaga adanya perubahan yang negatif didalam penerapan ajaran – ajaran kristen didalam pribadi siswa dan orang lain disekitarnya.

-    Menanamkan nilai kasih didalam pribadinya dan pergaulan didalam hidupnya.

.












I. Tujuan Pembelajaran
·         Membantu para siswa didalam berbagi kasih sayang terhadap dirinya dan sesamanya didalam kehidupan sehari - harinya.

·         Mengarahkan siswa tentang cara berperilaku yang baik dan benar terhadap bentuk kepribadiannya yang didasari adanya nilai kasih yang tertanam didalam hati dan pemikirannya.

II. Materi Ajar (Materi Pokok)
·         Menjelaskan pengertian dan tujuan  mewujudkan identitas sebagai murid Yesus( berbentuk studi kasus ).

·         Menjelaskan pengertian kasih yang tanpa pamrih, tidak menuntut balas dan tidak mencari keuntungan sendiri .

III. Metode Pembelajaran
 Studi Kasus, Ceramah, dan Tanya Jawab

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal :

·         Perkenalan diri terhadap siswa   

·         Kebaktian singakat yang dilakukan para siswa secara bergiliran.

·         Doa pembuka pembelajaran.


Kegiatan inti :

·         Memberikan ceramah singkat tentang materi yang sedang dibahas.

·         Tanya jawab tentang materi yang sedang dibahas.

Kegiatan penutup :

·         Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.

·         Siswa mengumpulkan tugas studi kasus.

·         Doa penutup yang dilakukan oleh siswa secara bergiliran.
V. Alat dan Sumber Belajar
Sumber belajar : Alkitab, dan buku sulus siswa 1.




VI. Penilaian

·         Unsur penilaian dalam proyek : Pelaksanaan dan ketepatan tugas yang dikerjakan.


·         Unsur penilaian pribadi : intelektual kelas, interaksi didalam belajar dan absensi siswa.


 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Mata Pelajaran                                                : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                                               : X ( V & VI ) / II
Pertemuan Ke                                                 : 14 Pertemuan
Alokasi Waktu                                                 : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi                                      : Mewujudkan niali-nilai kristiani didalam diri seorang siswa kristen yang berprestasi dan bertanggung jawab bagi dirinya , gereja, dan disekitarnya.
Kompetensi Dasar                                          : Membimbing siswa agar dapat belajar bertanggung jawab dengan nilai – nilai kristen yang ada didalam dirinya dan nilai – nilai kristen tersebut kedalam kehidupan pribandinya dan orang lain disekitarnya.
Indikator                                                            : Menganalisi keberadaan nilai – nilai atau etika – etika yang tertanam didalam diri mereka sebagai seorang remaja kristen yang berprestasi dan bertanggung jawab.

-    Berperan aktif menjaga adanya perubahan yang negatif didalam penerapan ajaran – ajaran kristen didalam pribadi siswa dan orang lain disekitarnya.

-    Menanamkan nilai kasih didalam pribadinya dan pergaulan didalam hidupnya.

.












I. Tujuan Pembelajaran
·         Membantu para siswa didalam berbagi kasih sayang terhadap dirinya dan sesamanya didalam kehidupan sehari - harinya.

·         Mengarahkan siswa tentang cara berperilaku yang baik dan benar terhadap bentuk kepribadiannya yang didasari adanya nilai kasih yang tertanam didalam hati dan pemikirannya.

II. Materi Ajar (Materi Pokok)
·         Menjelaskan pengertian dan tujuan  mewujudkan identitas sebagai murid Yesus( berbentuk studi kasus ).

·         Menjelaskan pengertian kasih yang tanpa pamrih, tidak menuntut balas dan tidak mencari keuntungan sendiri .

III. Metode Pembelajaran
 Studi Kasus, Ceramah, dan Tanya Jawab

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal :

·         Perkenalan diri terhadap siswa   

·         Kebaktian singakat yang dilakukan para siswa secara bergiliran.

·         Doa pembuka pembelajaran.


Kegiatan inti :

·         Memberikan ceramah singkat tentang materi yang sedang dibahas.

·         Tanya jawab tentang materi yang sedang dibahas.

Kegiatan penutup :

·         Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.

·         Siswa mengumpulkan tugas studi kasus.

·         Doa penutup yang dilakukan oleh siswa secara bergiliran.
V. Alat dan Sumber Belajar
Sumber belajar : Alkitab, dan buku sulus siswa 1.




VI. Penilaian

·         Unsur penilaian dalam proyek : Pelaksanaan dan ketepatan tugas yang dikerjakan.


·         Unsur penilaian pribadi : intelektual kelas, interaksi didalam belajar dan absensi siswa.

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar