Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : X ( V & VI ) / II
Pertemuan Ke : 14 Pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Mewujudkan niali-nilai kristiani didalam diri seorang siswa kristen yang berprestasi dan bertanggung jawab bagi dirinya , gereja, dan disekitarnya.
Kompetensi Dasar : Membimbing siswa agar dapat belajar bertanggung jawab dengan nilai – nilai kristen yang ada didalam dirinya dan nilai – nilai kristen tersebut kedalam kehidupan pribandinya dan orang lain disekitarnya.
Indikator : Menganalisi keberadaan nilai – nilai atau etika – etika yang tertanam didalam diri mereka sebagai seorang remaja kristen yang berprestasi dan bertanggung jawab.
- Berperan aktif menjaga adanya perubahan yang negatif didalam penerapan ajaran – ajaran kristen didalam pribadi siswa dan orang lain disekitarnya.
- Menanamkan nilai kasih didalam pribadinya dan pergaulan didalam hidupnya.
.
I. Tujuan Pembelajaran | · Membantu para siswa didalam berbagi kasih sayang terhadap dirinya dan sesamanya didalam kehidupan sehari - harinya. · Mengarahkan siswa tentang cara berperilaku yang baik dan benar terhadap bentuk kepribadiannya yang didasari adanya nilai kasih yang tertanam didalam hati dan pemikirannya. |
II. Materi Ajar (Materi Pokok) | · Menjelaskan pengertian dan tujuan mewujudkan identitas sebagai murid Yesus( berbentuk studi kasus ). · Menjelaskan pengertian kasih yang tanpa pamrih, tidak menuntut balas dan tidak mencari keuntungan sendiri . |
III. Metode Pembelajaran | Studi Kasus, Ceramah, dan Tanya Jawab |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | Kegiatan awal : · Perkenalan diri terhadap siswa · Kebaktian singakat yang dilakukan para siswa secara bergiliran. · Doa pembuka pembelajaran. Kegiatan inti : · Memberikan ceramah singkat tentang materi yang sedang dibahas. · Tanya jawab tentang materi yang sedang dibahas. Kegiatan penutup : · Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi yang telah dibahas. · Siswa mengumpulkan tugas studi kasus. · Doa penutup yang dilakukan oleh siswa secara bergiliran. |
V. Alat dan Sumber Belajar | Sumber belajar : Alkitab, dan buku sulus siswa 1. |
VI. Penilaian | · Unsur penilaian dalam proyek : Pelaksanaan dan ketepatan tugas yang dikerjakan. · Unsur penilaian pribadi : intelektual kelas, interaksi didalam belajar dan absensi siswa. |
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : X ( V & VI ) / II
Pertemuan Ke : 14 Pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Mewujudkan niali-nilai kristiani didalam diri seorang siswa kristen yang berprestasi dan bertanggung jawab bagi dirinya , gereja, dan disekitarnya.
Kompetensi Dasar : Membimbing siswa agar dapat belajar bertanggung jawab dengan nilai – nilai kristen yang ada didalam dirinya dan nilai – nilai kristen tersebut kedalam kehidupan pribandinya dan orang lain disekitarnya.
Indikator : Menganalisi keberadaan nilai – nilai atau etika – etika yang tertanam didalam diri mereka sebagai seorang remaja kristen yang berprestasi dan bertanggung jawab.
- Berperan aktif menjaga adanya perubahan yang negatif didalam penerapan ajaran – ajaran kristen didalam pribadi siswa dan orang lain disekitarnya.
- Menanamkan nilai kasih didalam pribadinya dan pergaulan didalam hidupnya.
.
I. Tujuan Pembelajaran | · Membantu para siswa didalam berbagi kasih sayang terhadap dirinya dan sesamanya didalam kehidupan sehari - harinya. · Mengarahkan siswa tentang cara berperilaku yang baik dan benar terhadap bentuk kepribadiannya yang didasari adanya nilai kasih yang tertanam didalam hati dan pemikirannya. |
II. Materi Ajar (Materi Pokok) | · Menjelaskan pengertian dan tujuan mewujudkan identitas sebagai murid Yesus( berbentuk studi kasus ). · Menjelaskan pengertian kasih yang tanpa pamrih, tidak menuntut balas dan tidak mencari keuntungan sendiri . |
III. Metode Pembelajaran | Studi Kasus, Ceramah, dan Tanya Jawab |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | Kegiatan awal : · Perkenalan diri terhadap siswa · Kebaktian singakat yang dilakukan para siswa secara bergiliran. · Doa pembuka pembelajaran. Kegiatan inti : · Memberikan ceramah singkat tentang materi yang sedang dibahas. · Tanya jawab tentang materi yang sedang dibahas. Kegiatan penutup : · Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi yang telah dibahas. · Siswa mengumpulkan tugas studi kasus. · Doa penutup yang dilakukan oleh siswa secara bergiliran. |
V. Alat dan Sumber Belajar | Sumber belajar : Alkitab, dan buku sulus siswa 1. |
VI. Penilaian | · Unsur penilaian dalam proyek : Pelaksanaan dan ketepatan tugas yang dikerjakan. · Unsur penilaian pribadi : intelektual kelas, interaksi didalam belajar dan absensi siswa. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar