Selasa, 10 Mei 2011

Proposal skripsi administrasi PAK

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Pendidikan sebagai aktivitas berarti upaya yang secara sadar dirancang untuk membantu seorang atau sekelompok orang dalam mengembangkan ilmu pengetahuan,pandangan hidup,sikap hidup,dan keterampilan hidup baik yang bersifat manual individual dan sosial.pendidikan sebagai fenomena adalah peristiwa perjumpaan antara dua orang atau lebih yang dampaknya adalah berkembangnya suatu pandangan hidup atau keterampilan hidup pada salah satu atau beberapa pihak .

Dalam dasa warsa terakhir berkembang visi paradikma baru dalam pengelolaan pendidikan umunya.dan sekolah khususnya apabila pada era sebelumnya sekolah dipandang sebagai tujuan dari birokrasi pendidikan,maka sekarang ini sekolah adalah lembaga yang melayani masyarakat.pergesaran para paradikma ini berimplikasi luas dalam administrasi dan pengelolaan sekolah.

Paling tidak ada tiga prinsip atau asas yang selalu diperhatikan dalam pengelolaan administrasi sekolah yaitu partipasi ,transparansi,dan akutabilitas .ketiga hal ini diharapkan dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan yang selama ini belum mengimbirakan.partisipasi menuntut setiap penyelenggaran dan pengelolan administrasi sekolah dalam perumusan berbagai kebijakan.transparansi mengharuskan sekolah terbuka terutama dalam memperoleh dan penggunaan dana sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat .transparansi tidak akan terjadi tanpa didukung oleh akuntanbilitas yaitu pertanggung jawaban pihak sekolah terhadap orang tua dan masyarakat tidak hanya aspek pengelolaan sumber daya namun juga dalam proses pembelajaran dan pelayanan yang mereka berikan supaya tercapainya tujuan pendidikan.tetapi diruang lingkup adminiStrasi sekolah DI SMA-4 kurangnya kerjasama dalam  pengelolaan administrasi pak sehingga administrasi PAK tidak sesuai dengan tujuan yang dicapai ini juga mempengaruhi dalam peningkatan administrasi sekolah.

Dampak dari kondisi tersebut merupakan pengaruh kurangnya kerjasama dalam pengelolaan adminstrasi Pendidikan Agama Kristen ini membutuhkan tenaga pengajar yang mempnyai peranan dalam mengajar,mendidik dan membimbing siswa  proses dan peristiwa itu dilakukan dalam bentuk kerjasama yang berada dalam suatu system administrasi sehingga tingkat pencapaian tujuan administrasi PAK  dalam pengeloaannya bisa dicapai dengan baik.

Tujuan umum yang akan dicapai dalam kerjasma itu adalah pembentukan kepribadian murid sesuai tujuan pendidikan nasional dari tingkat perkembangannya tujuan ini dapat dijabarkan kedalam tujuan kulikuler,tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus yang pencapaiannya melalui proses penguasaan materi pengajaran.sedangkan administrasi sekolah merupakan suatu proses atau siklus pengelolan penyelenggaran sekolah mulai dari perencanaan,pengorganisasian penggerakan,pengawasan,dalam mengambil keputusan dan kebijakan mengatur dan berkomunikasi dalam mengelola administrasi.

Berdasarkan hal tersebut perlu diupayakan dalam pengelolaan administrasi pendidikan agama Kristen sebagai usaha untuk meningkatkan administrasi PAK sebagai usaha untuk peningkatan administrasi sekolah agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Di dalam ruang lingkup ketatausahaan harus memberikan arahan yang jelas dalam pelaksanaan tugas-tugas yang berkitan dengan pembelajaran PAK disekolah dimana didalam administrasi ia juga seorang coordinator yang menjaga keseimbangan keselarasan dalam pekerjaan-pekerjaan yang ada kaitannya dengan administrasi sekolah.
Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas,maka penulis bermaksud mengadakan penelitian dengan judul;’’ PENGELOLAAN ADMINISTRASI PAK SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN-4 PALANGKA RAYA’’.

B.Rumusan masalah
1. Bagaimanakah pelaksanaan  administrasi  PAK di SMAN-4  Palangka raya..?
2. Usaha-usaha apa yang dilakukan untuk meningkatkan  pelaksanaan administrasi PAKdi SMAN-
   4 palangka raya..?
C.pembatasan masalah
Berdasarkan rumusan masalah diatas,maka penulis membatasi masalah hanya pada pengelolaan administrasi PAK sebagai usaha peningkatan administrasi sekolah di SMAN-4 palangka raya,
D.Tujuan penelitian
Berdasarkan rumusan diatas,maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah;
1.Menjelaskan pengelolaan administrasi  PAK di SMAN-4 palangka raya.
2.menjelaskan usaha-usaha meningkatkan administrasi  PAK di SMAN-4 palangka raya.
E,Manfaat penelitian
1.Sebagai masukan/acuan/informasi bagi kepala sekolah untuk membina dan membimbing administrasi PAK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
2.sebagai bahan masukan bagi guru PAK dalam mengelola  administrasi PAK guna meningkatkan prestasi belajar siswa.


G.Metode Penelitian
1.      Jenis pendekatan ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan Jenisnya adalah Deskriptif menurut Bogdan dan Taylor yang di kutip oleh Lexi.J Meleong Metode kualitatif adalah prosedur Penelitian yang menghasilkn data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang dapat diamati dalam penelitian ini Penulis menggunakan penelitian yang bersipat kualitatif deskriptif karena data yang di kumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka yang menggunakan rumus-rumus statistic. Selain itu semua yang dikumpulkan berkemungkinan menjadi kunci terhadapapa yang telah diteliti dengan demikian laporan peneliti ini berisi data untuk memberikan gambaran dalam meningkatkan Asministrasi di sekolah melalui PAK di SMUN-4 Palangka Raya.

2. Tehnik Pengumpuln data
Untuk mendapatkan data dalam meningkatkan mutu Administrasi Pembelajaran di sekolah melalui PAK di SMUN-4 Palangka Raya maka tehnik data yang digunakan adalah :

a.    Observasi
Observasi adalah Tehnik pengumpulan Data untuk mendapat data awal kontribusi positif bagi pengenalan realita masalah untuk mendapat Informasi dan data dilakukan pengamatan dengan berinteraksi dengan objek yang ditelti.


b.    Wawancara
Wawancara adalah tehnik pengumpulan data dimana peneliti ketemu langsung dengan Informan dan melakukan wawancara terbuka.

c.    Studi Kepustakaan
Studi kepustakaan adalah tehnik pengumpulan data yang digunakan untuk menambah dan melengkapi wawasan Pengetahuan Penulis dengan jalan mengumpulkan, membaca dan mempelajari buku-buku penunjang yang berkaitan dengan masalah Penelitian seperti, Bagaimana meningkatkan Administrasi Pendidikan di sekolah.

3.Analisis data
Data pendukung dari hasil wawancara untuk mendukung dan melengkapi data penelitian selanjutnya sekira data yang di peroleh tersebut mempunyai relefansi dengan data awal .

 H. Sistematika Penulisan
BAB I : Pendahuluan
Memberikan wawasan umum penelitian dalam Meningkatkan Administrasi Pendidikan Agama Kristen(PAK) dengan pendahuluan ini pembaca dapat mengetahui konteks dan latar belakang penelitian,Rumusan masalah, Pembatasan Masalah, Tujuan Penelitian, Alasan pemilihan pokok dan manpaat Penelitian, metodologi Penelitian,Analisi data, Tehnik penggumpulan data, tujuan penelitian dan kegunaan Penelitian.


BAB II : Kerangka Teoritis
Bab ini disajikan mengenai Kajian pustaka sebagai dasar untuk mendukung penelitian ini yaitu dalam meningkatkan Administrasi Pendidikan melalui PAK Di SMU-4 Palangka Raya.

BABIII :Hasil Penelitian
Pada bab ini disajikan hasil Penelitian sebagai Gambaran umum dalam Meningkatkan Administrasi Pendidikan melalui PAK di SMUN-4 Palangka Raya.

BAB IV : Pembahasan
Pada bab ini disajikan mengenai pembahasan yang dilakukan melalui data-data yang diterima dalam penelitian serta bagaimana penerapan dalam meningkatkan Administrasi melalui PAK di SMU-4 Palangka Raya

BAB V : Penutup
Pada bab ini disajikan keseluruhan hasilPenelitian yang dapat disimpulkan mengenai hal-hal yang terdapat dalam Sekolah.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar