Selasa, 10 Mei 2011

pengertian keguruan

PROFESI KEGURUAN PAK II

NAMA  : SUMARNIATMI
KELAS    : A
SEMESTER : VII


Mencari informasi tentang kepemimpinan Kristen
Kepemimpinan Kristen ialah, suatu proses terencana yang dinamis dalam konteks pelayanan Kristen ( yang menyangkut factor waktu, tempat dan situasi khusus ) yang di dalamnya oleh campur tangan ALLAH, Ia memanggil bagi diri-Nya seorang pemimpin ( dengan kapasitas penuh ) untuk pemimpin umat-Nya.
Dari definisi ini ada beberapa unsure penting yang perlu diperhatikan dalam kepemimpinan Kristen yaitu :
1.       Sama pada kepemimpinan yang lain pada umumnya kepemimpinan Kristen adalah juga suatu proses terencana dan dinamis persuposisi utama dalam kepemimpinan Kristen ialah bahwa “alla –lah yang berinisyatip untuk campur tangan  dalam seluruh proses yang terencana yang dinamis ini.
2.       Kepemimpinan juga memiliki konteks pelayanan “ sebagai factor situasi yang berkaitan dengan unsure waktu, tempat, dan situasi khusus dalam konteks hidup yang berbeda, yang memberi kepadanya nilai lebih.
3.       Kepemimpinan Kristen Dre suposisi yang berkenan dengan anugerah khusus  yang menekankan bahwa Allah-lah yang berdaulat memilih kepemimpinan Kristen bagi diri-Nya.
4.       Dalam kepemimpinan Kristen, tujuan Allah sebagai orang yang dipimpin ( dalam sebuah kelompok atau suatu organisasi )
5.       Dalam kepemimpinan Kristen, tujuan Allah adalah dasar utama ( yang menjelaskan untuk apa gereja ada ) yang diatasnya tujuan umat Allah.
6.       Kerajaan Allah adalah tujuan utopi bagi dan dari  eksistensi serta tujuan hidup umatnya ( gereja )

Kepemimpinan dalam kepemimpinan Kristen
Promis atau dalil dasar kepemimpinan Kristen yang diangkat dari filsafah alkitabiah, meliputi tiga hal penting dari :” pemimpin Kristen” yaitu suatu panggilan sebagi pemimpin Kristen. Dua dasar teologi kepemimpinan Kristen, dan tiga dasar etika – moral kepemimpinan Kristen.

TUGAS
ORGANISASI KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan Kristen pada dasarnya sama dengan kepemimpinan umum lainnya. Secara umum kepemimpinan memiliki factor – factor dasar yang sama, antara lain :
-          Kepemimpinan mencakup interaksi individu ( pemimpin dan para bawahan dan serangkaian variable dalam situasi serta lokus ( lokus sosio – budaya dan kerja ) kepemimpinan dimana kepemimpinan diterapkan.
-          Kepemimpinan berurusan dengan dinamika system, mekanisme atau masinosasi social dan orientasi humanis dalam seluruh hakikat serta aspek kepemimpinan.
-          Kepemimpinan  berhubungan erat dengan orientasi teoritis dan riset empiris.
-          Kepemim[pinan juga memiliki orientasi nilai ( value orientation ) dalam studi  kepemimpinan dari segi social – behavioral orientasi ini berkaitan  erat dengan “hubungan antar orang” yang adalah factor dasar kepemimpinan yang sangat penting.
-          Kepemimpinan secara utuh menyentuh fungsi-fungsi umum kepemimpinan atau manajemen dan administrasi ( fungsi khusus ) dalam seluruh kerangka kerja serta semua bagian yang terdapat pada struktur keorganisasian formil.
-          Kepemimpinan bertalian dengan factor kontoktual historika. Factor mana sangat mepengaruhi pola masyarakat. Budaya politik ekonomi, pendidikan theknologi dsb.
Dalam upaya menjelaskan tentang pemimpin maka adalah penting untuk mempelajari arti, lingkup studi kepemimpinan yang menurut J. kobolt Clinton dan y.Tomatala meliputi hal berikut
1.       Element dasar ( Basal )
: kepemimpinan yang meliputi pemimpin, orang yang dipimpin atau bawahan dan situasi kepemimpinan.
2.       Dokrin dasar kepemimpinan yang meliputi :
Perlengkapan dasar kepemimpinan ( perilaku pemimpin dan alat perlengkapan ) dan nilai – nilai dasar kepemimpinan ( nilai teologis dan nilai filosofis ).
3.       Pekerjaan atau tugas dasar pemimpin yang meliputi esensi, sifat unsure, ekonomi, dan lingkup kerja kepemimpinan.

 CIRI – CIRI PEMIMPIN :
Dari pihak lain kepemimpinan Kristen meletakkan kedudukan pemimpin Kristen secara professional, dimana “pemimpin Kristen adalah pemimpin yang berkarakter tinggi, berpengaruh, komperensif dan khas lebih serta berkecakapan social dan teknis yang andal. Pemimpin Kristen seperti ini akan terbukti Sebagai dasar pemimpin dengan cirri-ciri “ efektivitas tinggi” serta dapat mewujudkan kinerja optimal dengan produk tinggi.
                Cirri – cirri diatas akan selalu terlihat denga adanya kisi – kisi :
1.       Pemimpin dengan komitmen yang tinggi kepada Allah.
Kepada organisasi (gereja ) dan kepada tugas ( misi Allah ) dan kepada tugas ( misi Allah ).
2.       Pemimpin dengan nilai efektivitas tinggi yang ditandai oleh sifat/ sikap pemimpin dengan gaya pemimpin sebagi berikut
a.       Ia adalah pemimpin teladan bertanggung jawab
b.      Ia adalah pemimpin pemersatu dengan kerjasama yang tinggi.
c.       Ia adalah pemimpin pekerja motivator ulung.
d.      Ia adalah pemimpin berwibawa otokrator bijak.
e.      Ia adalah pemimpin strategos – terfokus yang selalu tepat arah dan pencapaian.
f.        Ia adalah pemimpin peduli terpadu yang memiliki kepedulian yang tinggi atas kesejahteraan semua pihak dalam kepemimpinannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar