Minggu, 15 Mei 2011

lagu kidung jemaat 336 & 400

Betapa kita tidak bersyukur

Do = d   4 ketuk

Betapa kita tidak bersyukur
Bertanah air karya nan subur
Lautnya luas, gunung nya megah,
Menghijau padang , bukit dan lembah

Refrain :
Itu semua  berkat karunia
Allah yang Agun, Mahakuasa
Itu semua berkat karunia
Allah yang Agung , Mahakuasa

Alangkah indah, pagi merekah
Bermandi cah’ya, surya nan cerah
Ditingkah kicau burung tak henti,
Bungapun bangkit harum berseri

Bumi yang hijau, langit yang terang
Berpadu dalam warna cemerlang
Indah jelita, damai dan teduh,
Persada kita jaya dan teguh

Ku daki Jalan Mulia
Kj. 400
Do = g 3 ketuk
Ku daki jalan mulia,
Tetap doa kuinilah
 Ketempat tinggi dan teguh,
Tuhan, mantapkan langkahku
Refrain
Ya Tuhan, angkat diriku
Lebih dekat kepadaMu
Ditempat tinggi dan teguh,
Tuhan, mantapkan langkahku
Ku tidak mau menetap
Didalam bimbang dan gelap
Rinduanku tujuanku
Tempat yang tinggi dan teguh
Kuingin hidup yang benar,
Jauh dari tindak yang cemar
Umat kudus memanggilku
Ketempat tinggi dan teguh
Ingin kucapai puncak t’rang
Yang paling Agung cemerlang.
Ya Tuhan, bimbing diriku
Makin dekat kepadaMu

Betapa kita tidak bersyukur
A.      Bait pertama
Lagu kidung jemaat no. 337 sebuah lagu didalam kidung jemaat yang terarah kedalam lagu untuk bangsa dan negara. Dimana didalamnya terdapat beberapa bunyi sair, yaitu :
Betapa kita tidak bersyukur        : syair ini mengajak kita untuk selalu memiliki rasa syukur yang terdapat dari dalam hati kita yang berbentuk sifat alami yang keluar dari hati kita dan kita dituntut untuk selalu bersyukur.
Bertanah air karya nan subur      : dalam lirik ini, dikatakan bahwa kita memiliki suatu naugrah. Yaitu memiliki tanah air yang subur dan kaya akan sumber daya alam dan memiliki manusia yang mempunyai karya cipta yang cemerlang dan pintar didalam sumber daya manusianya.
Lautnya luas, gunung nya megah              : syair bagian ini merupakan bagian dari syair  yang diatas. Halnya meiliki lautan yang luas serta didalamnya terdapat banyak sekari mineral – mineral, ikan-ikan dan sumber daya alam yang banyak terdapat  didalamnya. Dangunung yang besar dan menyipan banyak sekali harta kekayaan alam yang berlimpah.
Menghijau padang , bukit dan lembah  : dalam syair ini  dikatakan terdapat banyakny reumputan hijau yang tertanam didalam alam semesta di sekelilingnya tempat mereka tinggal serta hijaunya rumput tersebut mewarnai dan tumbuh di atas bukit dan juga lembah.
b. bait kedua
Alangkah indah, pagi merekah                  : dartikan sebagai  bentuk dari gambaran rasa bersyukur yang dalam didalam hati penulisnya, dimana ia bersyukur dengan adanya pagi hari yang indah dan keindahan pagi tersebut ditulis kedalam lagu ini.
Bermandi cah’ya, surya nan cerah            : suasana pagi hari yang cerah yang disertakan oleh adanya cahaya sinar matahari yang cerah dan panasnya yang hangat menyengat tubuh.
Ditingkah kicau burung tak henti,            : serta suasana pagi yang indah tersebut di selingi oleh kicauan burung – burung yang terbang diatas langit dan suarakicauannya yang merdu membuat suasana pagi semakin riang dan cerah.
Bungapun bangkit harum berseri             : dan bunga – bunga yang ada dipagi hari itu bertumbuh semakin segar terkena embun pagi yang dingin dan hangatnya sinar matahari di pagi hari dan aroma bunga – buinga yang wangi tercium melalui hidung membuat a pagi hari semakin wangi dan enak dirasakan oleh hidung.
C.      Bagian ketiga
Bumi yang hijau, langit yang terang        : bumi yang hijau menggambarkan bumi yang ditempati oleh manusia terlihat hijau ditumbuhi oleh pepohonan yang subur dan diterangi oleh suasana langit yang terang dan indah tersinari oleh matahari pada siang hari.
Berpadu dalam warna cemerlang             : pada siang hari dunia terlihat terang karna adanya sinar matahari yang menyinari bumi.
Indah jelita, damai dan teduh, ihat hijau : karna tersinar matahari, bumi terlihat sangat indah, damai dan teduh, dan sangat membuat mansuia yang melihatnya akan terkagum dan terpesona oleh keindahannya.
Persada kita jaya dan teguh        : persada didalam lirik / syair ini menggambarkan Negara yang kita diami terlihat begitu indah dan subur. Sehingga masyarakat dan Negara kita terlihat Berjaya dan berdiri kokoh secara teguh.

D.      Bagian reff 
Itu semua  berkat karunia            : semua yang terlihat indah didalam dunia, baik pagi maupun siang semua berkat anugrah dari citaan Tuhan. Maka, kita wajib bersyukur dan berteri makasih  kepada Tuhan yang telah menciptakannya.
Allah yang Agung, Mahakuasa   : sambungan dari bait pertama reff. Melambangkan sosok seorang Allah yang besar tahta-Nya karna dia mahakuasa raja atas segala raja.
Itu semua berkat karunia             : semua yang terlihat indah didalam dunia, baik pagi maupun siang semua berkat anugrah dari citaan Tuhan. Maka, kita wajib bersyukur dan berteri makasih  kepada Tuhan yang telah menciptakannya.
Allah yang Agung , Mahakuasa  : sambungan dari bait pertama reff. Melambangkan sosok seorang Allah yang besar tahta-Nya karna dia mahakuasa raja atas segala raja.
Penjelasan : D = do, ialah suatu bentuk tanda bagi penyanyi / songliders dan bagi para pemusik bahwa memulai music dan nyanyian dari nada D sebagai nada dasar lagu.

Kudaki jalan mulia
Adalah sebuah lagu yang mengarah kepada “ hidup bersama Tuhan” dimana didalam nyanyian ini memiliki lirik yang menceritakan tentang pertobatan manusia karena sadar akan dosa hidupnya dan ingin kembali dijalan Tuhan ya ng menurutnya benar dan nyaman didalam hidupnya. Nada ini dimulai dari do = g ( nada dasar dimulai dari nada G )
A.      Bait pertama
Ku daki jalan mulia, Tetap doa kuinilah  : ku daki jalan mulia diartikan sebagai sutu bentuk perumpamaan yang dimaksud sebagai bentuk seseorang yang ingin bertobat atas segala dosa – dosanya dengan ketulusan hati dan kesadarannya. Dan dia siap untuk berubah dan memperbaiki kesalahannya. Dengan doa yang seadanya dia  siap setulus hati untuk bertobat kepada tuhan.
Ketempat tinggi dan teguh, Tuhan, mantapkan langkahku : dia ingin bertobat dengan sungguh – sungguh dan berserahkepada Tuhan ingin mempergunakan dirinya untuk apapun dan dimanapun dia siap untuk melayani Allah tanpa paksaan apapun.
B.      Bait kedua
Ku tidak mau menetap Didalam bimbang dan gelap        : dia sebagai orang yang berdosa tidak mau menetap didalam kehidupannya yang lama didalam hidup yang penuh bimbang dan terselimuti gelapnya kehidupan yang membuat dirinya jauh akan tuhan dan penuh dengan dosa.
Rinduanku tujuanku Tempat yang tinggi dan teguh         : rinduanku menggambarkan dirinya yang rindu telah lama meninggalkan Tuhan dan kerinduannya ialah bias berada selalu dekat dengan tuhan dan hidup didalam perasaan yang damai serta tentram sehingga dimana ia akan merasa aman dan tenang. Dan teguh diartikan sebagai tetap pendirian bahwa dia siap ,mengikuti apapun jalan yang diberikan tuhan dsan tidak akan berubah meninggalkan Tuhan lagi.
C.      Bait ke tiga

Kuingin hidup yang benar, Jauh dari tindak yang cemar :dia semakin jelas terlihat ingin bertobat dan kembali kejalan yang  benar dihadapan Allah dan jauh dari kehiduipannya yangh dibenci oleh Allah serta dan dia tidak akkan mau kembali kedalam jalan hidup dulu yang dirasakannya sebagai suatu kesalahan yang besar didalam hidupnya.
Umat kudus memanggilku Ketempat tinggi dan teguh   : orang – orang yang telah percaya dengan Tuhan memanggilnya dan membantunya menemukan jalan yang benar sehingga ia kembali kepada Tuhan dan membawa dia pergi ketempat yang kudus dan benar.


D.      Bait keempat
Ingin kucapai puncak t’rang Yang paling Agung cemerlang.          : dia inginmencapai suatu puncak yang terang dan paling agung yang diartikan srebagai suatu keinginan yang mulia dari seseorang yang ingin bertobat. Dan kembali kejalan Allah.
Ya Tuhan, bimbing diriku Makin dekat kepadaMu           : dia ingin meminta bimbingan allah agar selalu membantu dia menjadi semakin dekat dengan Allah dan tidak akan meninggalkan Allah lagi kembali kedalam dosa yang dahulu.

E.       Reff
Ya Tuhan, angkat diriku Lebih dekat kepadaMu Ditempat tinggi dan teguh, Tuhan, mantapkan langkahku
Orang yang bertobat tersebut meminta bantuan Tuhan untuk menyadarkan, membimbing, serta sebagai pengiring hidupnya agar langkah didalam hidupnya selalu benar dan terarah dengan baik didalam allah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar